Lompat ke isi utama

Berita

Teken Komitmen, Sejumlah Masyarakat Ambil Bagian menjadi ‘Mata Elang’ Pengawasan Partisipatif

Kordiv. P2HM Saat memberikan arahan

Koordinator Divis Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Maryam Hito saat memberikan sambutan dan membuka acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.

Cirebon, Bawaslu Kabupaten Cirebon - Sejumlah masyarakat yang terdiri dari organisasi mahasiswa, organisasi pemuda, dan organisasi masyarakat mengambil bagian menjadi ‘mata elang’ pengawasan partisipatif.

Dengan menandatangani komitmen menjadi pengawasan partispatif, masyarakat Kabupaten Cirebon berkomitmen mengawal proses demokrasi dan menolak segala bentuk politisasi sara, hoaks, politik uang dan ujaran kebencian pada Pemilihan Serentak 2024.

Penandatanganan komitmen dilakukan dalam rangkaian acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang digelar Bawaslu Kabupaten Cirebon di Apita Hotel. Jum’at, (30/08/2024).

Narasumber Sosilalisasi

Koordinator Divis Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Maryam Hito mengungkapkan, seluruh elemen masyarakat harus ikut serta memastikan Pemilihan Serentak 2024 bersih dan jauh dari kecurangan sehingga tidak merugikan salah satu pasangan calon.

“Saya harap pemilihan hari ini melahirkan pemimpin yang tidak hanya untuk satu golongan saja, melainkan untuk semua golongan”. Ungkapnya.

Maryam menambahkan, keterlibatan masyarakat dalam mengawal proses pemilihan bukan sekedar terwujud dalam bentuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya, melainkan juga dengan melakukan pengawasan atas kecurangan yang terjadi.

Seluruh elemen masyarakat sebagai pengawas partisipatif dapat melaporkan kecurangan dan pelanggaran kepada Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses Pemilu dan Pemilihan.

“Bawaslu menjadi pintu masuk pertama yang menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu dan pemilihan”. Pungkasnya.

Peserta Sosialisasi

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif menghadirkan narasumber Zaki Hilmi dan Yosep Yusdiana sebagai praktisi dan pemerhati pemilu dan pemilihan. 

Penulis       : Cepi Luki Cepriana
Fotografer  : Rizki Amalia S