Lompat ke isi utama

Berita

Tiga Hari Masa Pendaftaran, Bawaslu Cirebon Awasi 4 Bapaslon Mendaftar di KPU, siapa saja?

Ketua Bawaslu Cirebon saat mengawasi pendaftaran bakal pasangan calon

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon (kedua dari kanan) saat mengawasi pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon

Tiga hari pengawasan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Cirebon, Bawaslu awasi empat bakal pasangan calon yang mendaftar ke KPU Kabupaten Cirebon. Keempat pasangan calon tersebut adalah pasangan Imron Rosyadi - Agus Kurniawan, Wahyu Tjiptaningsih - Solichin, Mohamad Luthfi - Dia Ramayana, dan Rahmat Hidayat - Imam Saputra.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Sadaruddin Parapat menjelaskan, berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, pendaftaran pasangan calon dilakukan pada tanggal 27 - 29 Agustus 2024.

“Sampai hari terakhir pendaftaran pukul 23.59, kami mengawasi empat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cirebon. Ungkapnya. Jum’at, (30/08/2024).

Lebih lanjut dirinya menjelasakan di hari pertama pendaftaran bakal pasangan calon Imron Rosyadi dan Agus Kurniawan mendaftar ke KPU Kabupaten Cirebon, pasangan calon ini diusulkan oleh 3 partai politik pengusul yaitu PDI Perjuangan, Partai Nasdem dan Partai Hanura. 

Bakal pasangan calon Imron Rosyadi dan Agus Kurniawan

Sementara di hari kedua sampai pukul 16.00 WIB, tidak ada pasangan calon yang mendaftar ke KPU, namun di hari terakhir ada tiga bakal pasangan calon yang mendaftar.

Di hari terakhir bakal pasangan calon Wahyu Tjiptaningsih dan Solichin datang ke KPU mendaftarkan diri pada pukul 12.49 WIB, dengan 3 Partai Politik pengusul yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat.

bakal pasangan calon Wahyu Tjiptaningsih dan Solichin

Menyusul bakal pasangan calon Mohamad Luthfi - Dia Ramayana juga mendaftar pada pukul 18.04 WIB., pasangan calon ini diusulkan oleh 2 partai politik yaitu Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Golongan Karya. 

bakal pasangan calon Mohamad Luthfi - Dia Ramayana

Pasangan terakhir Rahmat Hidayat dan Imam Saputra mendaftar pada pukul 22.17 WIB. 8 Partai Politik pengusulnya yaitu Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Amanat Nasional, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Bulan Bintang, dan Partai Ummat.

Bakal pasangan calon Rahmat Hidayat dan Imam Saputra

Sadaruddin menambahkan, setelah penerimaan pendaftaran, bakal pasangan calon selanjutnya akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari Sabtu - Minggu, tanggal 31 Agustus dan 1 September 2024 di rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat.

“Akan diawasi juga proses pemeriksaan kesehatan keempat bapaslon ini”. Pungkasnya

Penulis : Cepi Luki Cepriana
Fotografer : Rizki Amalia S, Ainun Habibah, Nurfadilah